cabang dinas pendidikan palengaan

Pedoman Membuat Proposal PTK

pedoman ptk
Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) merupakan suatu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat. Ciri-ciri Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian berawal dari kerisauan guru akan kinerjanya, metode utama adalah refleksi diri, bersifat agak longgar, tetapi tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian, fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran, tujuannya memperbaiki pembelajaran.

Karena itu guru selayaknya dapat dan mampu untuk membuat PTK sendiriyang berguna untuk memecahkan masalah yang ada dalam proses pembelajarannya. Sebelum membuat Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) seorang guru terlebih dahulu membuat proposal PTK yaitu rencana yang dituangkan dalam rancangan kerja untuk melakukan penelitian tindakan kelas.

Pedoman Membuat Proposal PTK


Proposal PTK merupakan rancangan penelitian sehingga bentuk dan isi merupakan ringkasan penelitian tindakan kelas serta lebih sederhana daripada hasil laporan PTK. Biasanya Proposal PTK terdiri dari:

Halaman Depan

A. JUDUL PENELITIAN

B. BIDANG ILMU

C. PENDAHULUAN

D. PERUMUSAN MASALAH

E. CARA PEMECAHAN MASALAH

F. TINJAUAN PUSTAKA

G. TUJUAN PENELITIAN

H. KONTRIBUSI HASIL PENELITIAN

I. METODE PENELITIAN

J. JADWAL PENELITIAN

K. PERSONALIA PENELITIAN

Lampiran-lampiran

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pedoman Membuat Proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Silahkan mendownload di sini.

Kami juga menyertakan contoh Proposal PTK dengan judul ” MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY”

Silahkan mendownload di sini

Sumber: Lentera kecil

Share on Google Plus

About Cabdin

Cabang Dinas Pendidikan Kec. Palengaan - Jalan Raya Palengaan Km 10 Kode Pos 69362 Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan - Madura - Propinsi Jawa Timur
    Blogger Comment
    Facebook Comment