
Pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

Guru Profesional
(Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter, 2010)

Guru Profesional
Guru yang memiliki keahlian dan keterampilan yang diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan khusus guna menunjang pekerjaannya serta memiliki kualifikasi akademik minimal S1/D4.
Sumber : UU No. 14 tahun 2005
PRINSIP-PRINSIP PROFESIONALISME
1. memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme
2. memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan ahlak mulia
3. memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugasnya
4. memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya
5. memiliki tanggungjawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan
6. memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja
7. memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat
8. memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan
9. memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan tugas keprofesionalannya.
PENGEMBANGAN KARAKTER TERKAIT KOMPETENSI GURU
Pedagogik
Pemahaman peserta didik, peran- cangan, pelaksanaa, & evaluasi Pembelajaran, pengemb.PD
(1) Aspek potensi peserta didik (2) teori belajar & pembelajaran, strategi, kompetensi & isi, dan merancang pembelj;(3) menata latar & melaksanakan; (4) asesmen proses dan hasil; dan (5) pengembangan akademik & non akademik
Kepribadian
7. memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat
8. memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalan
9. memiliki organisasi profesi yang mempunyai kewenangan mengatur hal-hal yang berkaitan dengan tugas keprofesionalannya.
Sumber: UU Guru dan Dosen
PENGEMBANGAN KARAKTER TERKAIT KOMPETENSI GURU
Pedagogik
Pemahaman peserta didik, peran- cangan, pelaksanaa, & evaluasi Pembelajaran, pengemb.PD
(1) Aspek potensi peserta didik (2) teori belajar & pembelajaran, strategi, kompetensi & isi, dan merancang pembelj;(3) menata latar & melaksanakan; (4) asesmen proses dan hasil; dan (5) pengembangan akademik & non akademik
Kepribadian
Mantap & Stabil, Dewasa, Arief, Berwibawa, Akhlak Mulia
(1) Norma hukum & sosial, rasa bangga,Konsisten dgn norma; (2) mandiri & etos kerja; (3) berpengaruh positif & disegani; (4) norma religius & diteladani; (4) jujur;
Profesional
Menguasai keilmuan bidang studi; dan langkah kajian kritis pendalam- an isi bidang studi
(1) Paham materi, struktur, konsep, metode Keilmuan yang menaungi, menerapkan dlm kehidupan sehari-hari; dan (2) metode pengembangan ilmu, telaah kritis, kreatif dan inovatif terhadap bidang studi
Sosial
Komunikasi & bergaul dgn peserta didik, kolega, dan masyarakat
Menarik, empati, kolaboratif, suka menolong, menjadi panutan, komunikatif, kooperatif

KARAKTERISTIK GURU EFEKTIF
Guru efektif memiliki:
• Kemampuan yang terkait dengan iklim kelas;
• Kemampuan yang terkait dengan strategi manajemen;
• Kemampuan yang terkait dengan pemberian umpan balik dan penguatan (reinforcement);
• Kemampuan yang terkait dengan peningkatan diri.
KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN GURU TRANSFORMASIONAL
1) Mengidentifikasikan dirinya sebagai agen perubahan (pembaruan);
2) Memiliki sifat pemberani;
3) Mempercayai orang lain;
4) Bertindak atas dasar sistem nilai, (bukan atas dasar kepentingan individu, atau atas dasar kepentingan dan desakan kroninya);
5) Meningkatkan kemampuan secara terus- menerus sepanjang hayatnya;
6) Memiliki kemampuan untuk menghadapi situasi yang rumit, tidak jelas, dan tidak menentu;
7) Memiliki visi ke depan.
Habituasi Perilaku Guru
OLAH PIKIR
(1) Norma hukum & sosial, rasa bangga,Konsisten dgn norma; (2) mandiri & etos kerja; (3) berpengaruh positif & disegani; (4) norma religius & diteladani; (4) jujur;
Profesional
Menguasai keilmuan bidang studi; dan langkah kajian kritis pendalam- an isi bidang studi
(1) Paham materi, struktur, konsep, metode Keilmuan yang menaungi, menerapkan dlm kehidupan sehari-hari; dan (2) metode pengembangan ilmu, telaah kritis, kreatif dan inovatif terhadap bidang studi
Sosial
Komunikasi & bergaul dgn peserta didik, kolega, dan masyarakat
Menarik, empati, kolaboratif, suka menolong, menjadi panutan, komunikatif, kooperatif


Guru efektif memiliki:
• Kemampuan yang terkait dengan iklim kelas;

• Kemampuan yang terkait dengan pemberian umpan balik dan penguatan (reinforcement);
• Kemampuan yang terkait dengan peningkatan diri.
(Gary A. Davis dan Margareth A. Thomas, 1989)

1) Mengidentifikasikan dirinya sebagai agen perubahan (pembaruan);
2) Memiliki sifat pemberani;
3) Mempercayai orang lain;
4) Bertindak atas dasar sistem nilai, (bukan atas dasar kepentingan individu, atau atas dasar kepentingan dan desakan kroninya);
5) Meningkatkan kemampuan secara terus- menerus sepanjang hayatnya;
6) Memiliki kemampuan untuk menghadapi situasi yang rumit, tidak jelas, dan tidak menentu;
7) Memiliki visi ke depan.
SUMBER: LUTHANS, 1995
Habituasi Perilaku Guru
OLAH PIKIR
cerdas, kritis, kreatif, inovatif, ingin tahu, berpikir terbuka, produktif, berorientasi Ipteks, dan reflektif
OLAH HATI
beriman dan bertakwa, jujur, amanah, adil, bertanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban, dan berjiwa patriotik
beriman dan bertakwa, jujur, amanah, adil, bertanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban, dan berjiwa patriotik
OLAH RAGA
bersih dan sehat, disiplin, sportif, tangguh, andal, berdaya tahan, bersahabat, kooperatif, determinatif, kompetitif, ceria, dan gigih
OLAH RASA/ KARSA
ramah, saling menghargai, toleran, peduli, suka menolong, gotong royong, nasionalis, kosmopolit , mengutamakan kepentingan umum, bangga menggunakan bahasa dan produk Indonesia, dinamis, kerja keras, dan beretos kerja
Aspek Karakter Bagi Guru
Budaya dan Nilai Karakter
Dengan Tuhan:
Bertaqwa/Religius
Dengan Diri Sendiri:
Jujur, Bertanggungjawab, Bergaya Hidup Sehat, Disiplin, Kerja Keras, Percaya Diri, Berjiwa Wirausaha,
Kreatif, Inovatif, Mandiri, Mempunyai Rasa Ingin Tahu
Dengan Sesama dan Lingkungan:
Sadar hak dan kewajiban, Patuh pada aturan sosial, Menghargai karya orang lain, Santun dan demokratis, Peduli sosial dan lingkungan
Nilai Kebangsaan:
Nasionalisme dan Menghargai Keberagaman, Pemahaman terhadap budaya dan ekonomi
bersih dan sehat, disiplin, sportif, tangguh, andal, berdaya tahan, bersahabat, kooperatif, determinatif, kompetitif, ceria, dan gigih
OLAH RASA/ KARSA
ramah, saling menghargai, toleran, peduli, suka menolong, gotong royong, nasionalis, kosmopolit , mengutamakan kepentingan umum, bangga menggunakan bahasa dan produk Indonesia, dinamis, kerja keras, dan beretos kerja
Aspek Karakter Bagi Guru
Budaya dan Nilai Karakter
Dengan Tuhan:
Bertaqwa/Religius
Dengan Diri Sendiri:
Jujur, Bertanggungjawab, Bergaya Hidup Sehat, Disiplin, Kerja Keras, Percaya Diri, Berjiwa Wirausaha,
Kreatif, Inovatif, Mandiri, Mempunyai Rasa Ingin Tahu
Dengan Sesama dan Lingkungan:
Sadar hak dan kewajiban, Patuh pada aturan sosial, Menghargai karya orang lain, Santun dan demokratis, Peduli sosial dan lingkungan
Nilai Kebangsaan:
Nasionalisme dan Menghargai Keberagaman, Pemahaman terhadap budaya dan ekonomi
Tahapan Pembentukan Karakter Bagi Guru
0 komentar:
Posting Komentar